Kamis, 28 Agustus 2008

HP Mininote 2133, Netbook pertama HP


Dari tampangnya, kita bisa melihat betapa seriusnya HP menggarap netbook pertamanya. Dengan bahan aluminium, Mininote 2133 terlihat begitu kokoh sekaligus gaya. Butuh waktu untuk membuktikan apakah fisiknya memang setangguh tampilannya, tetapi ketika kami coba memperlakukannya sedikit kasar, terbukti tidak terjadi goresan permanen di permukaannya.

Jika melihat ukuran keyboardnya, kembali kita bisa melihat keseriusan HP. Dengan ukuran keyboard ini nyaris sama (tepatnya 92%) jika dibanding ukuran keyboard notebook standar, setiap tombol terasa luas bahkan bagi Anda yang berjari besar. Kami juga mendapati setiap tombol terasa empuk saat ditekan, sehingga salah pencet adalah hal yang sangat jarang terjadi di netbook ini.

Boleh dibilang, Mininote 2133 adalah netbook paling nyaman digunakan untuk mengetik. Satu-satunya yang agak aneh adalah posisi tombol klik kiri dan kanan yang mengapit touchpad, yang sepertinya disebabkan kurangnya tempat di sisi bawah touchpad.

Dari sisi fasilitas, Mininote 2133 juga tampil istimewa berkat keberadaan slot ekspansi Express Card. Fasilitas ekspansi ini tidak tersedia di netbook lain, dan bisa menjadi faktor penting bagi Anda yang ingin menambah fasilitas tambahan seperti TV Tuner atau modem seluler. Konektor lain yang tersedia di netbook ini adalah USB (2) dan card reader berbasis SD.

Namun fasilitas paling istimewa dari netbook ini adalah resolusi layarnya yang mencapai 1280x600 pixel. Di netbook lain, resolusinya terbatas di angka 1024x600 pixel.

Resolusi lebih tinggi berarti area pandang yang lebih luas, dan ini menjadi kelebihan tersendiri ketika browsing di internet atau melihat foto. Namun perlu dicatat resolusi setinggi itu di layar ukuran 8,9” membuat teks terlihat kecil, yang mungkin menjadi masalah untuk mata yang sudah menua.

Sayangnya HP memilih menggunakan prosesor VIA C7M 1,2GHz. Dari hasil pengujian terlihat, jelas terlihat prosesor ini memiliki performa di bawah Intel Atom atau pun Celeron. Apalagi netbook ini menggunakan sistem operasi Windows Vista (Basic Edition) yang terkenal berat itu.
Untuk mengetik, browsing internet, atau memutar film dari Youtube, Mininote 2133 bisa melakukannya dengan mudah. Namun ketika kita membuka banyak jendela, keterbatasan VIA C7M menjadi terasa.


Secara desain, rancangan HP Mininote 2133 nyaris sempurna. Tampilannya bagus, nyaman digunakan, dan ditunjang dengan fasilitas yang komplit. Bobotnya sedikit lebih berat dibanding pesaingnya, tetapi kami rasa tidak banyak yang keberatan membawa peranti berbobot 1,28kg ini.

Yang lebih patut dicatat adalah keterbatasan di sisi prosesor yang membuatnya tidak bisa digunakan untuk aplikasi multitasking. Namun jika Anda bukan termasuk pengguna aplikasi kelas berat, Mininote 2133 merupakan pilihan yang layak dilirik.

Tidak ada komentar:

NarzieZBlog Headline